Sunday, August 4, 2019

Usaha Batako Bertumbuh Pesat Di Kupang

Material lokal memang sangat tinggi kebutuhannya salah satunya adalah batako. Batako adalah bahan bangunan yang terbuat dari campuran pasir kasar, semen, dan air yang dicetak padat dengan metode press. Tingginya tingkat pembangunan baik perumahan, ruko atau kantor di Kota kupang menjadikan usaha ini semakin diminati dan bertumbuh di kota Kupang.

Batako Press Buatan Kupang

Batako Press Buatan Kupang

Dalam skala industri besar di pulau Jawa sebagai contohnya, proses pembuatan batako dikerjakan dengan menggunakan mesin pencetak khusus yang digerakkan diesel atau dinamo elektrik yang memiliki harga mahal, begitupula untuk proses pencampuran bahan-bahan yang dibutuhkan umumnya menggunakan alat mixer. Untuk di Kota kupang banyak dijumpai pengusaha cetak batako untuk kapasitas pengrajin kecil, dan pembuatan batako seluruhnya dikerjakan oleh tenaga manusia dengan bantuan cetakan batako sederhana yang harganya relatif murah dan terjangkau yakni kisaran 15 s/d 20 jutaan untuk harga yang baru. Cetakan ini terbuat dari besi yang kokoh dengan ukuran bervariasi sesuai spesifikasi batako yang ingin dihasilkan.

Mesin Cetak Batako

Mesin Cetak Batako
Ketersediaan material bahan baku menyebabkan usaha ini banyak diminati. Ketersediaan semen juga demikian. Bertumbuhkembangnya usaha batako press ini juga dipacu oleh program perumahan bersubsidi (FLPP) sehingga memacu para developer untuk menyediakan bahan termasuk batako secara efektif dan effisien. Dengan semakin melambungnya bahan-bahan bangungan yang dibutuhkan pada akhir-akhir ini, mau tidak mau para developer harus berfikir cara mensiasati supaya bisa lebih irit dalam membangun rumah yang layak dan hasilnya maksimal tapi dengan modal yang relatif kecil. Batako untuk di kota kupang dibandrol harga 2.500 s/d 3.500 ambil ditempat produksi diluar transportasi ke onsite. Usaha press batako telah berhasil menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat di Kota Kupang dan sekitarnya. 

Tanah Putih Bahan dasar pembuatan batako press di kupang
Bagi yang membutuhkan material lokal bisa hubungi  081239125555 (Jemmi),




No comments:

Post a Comment