Tuesday, July 30, 2019

MELAYANI KUR - Kredit Usaha Rakyat di Kota Kupang dan sekitarnya





MELAYANI KUR - Kredit Usaha Rakyat di Kota Kupang dan sekitarnya

Kebanyakan orang akan merasa binggung apabila mempunyai usaha tetapi kurang modal dalam proses pengembangannya. Nafsu tinggi tenaga kurang … itulah peribahasanya … Hahahahaha …..
Jangan merasa mentok ataupun   patah    apabila mengalami hal yang sama.Sekarang ada program KUR ( Kredit Usaha Rakyat ),   program ini dikhususkan untuk para pengusaha kecil menengah yang mempunyai potensi bagus, akan tetapi belum kuat didalam permodalannya.

Kredit KUR memiliki plafon kredit dari Rp 25 juta sampai Rp 500 juta. Menarik bukan??

Gambar ini dari berbagai sumber


Apa yang harus kita lakukan untuk bisa mendapatkan fasilitas KUR ?
1.  Pertama tama pastikan usaha kita termasuk dalam usaha produktif. Beberapa contoh usaha produktif adalah usaha kerajinan, usaha salon kecantikan, rumah makan, pabrik batako, toko kelontong dan lain sebagainya.
2. Siapkan beberapa berkas atau dokumen-dokumen untuk mendapatkan Kredit ini. Dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan KUR ini antara lain identitas (KTP, kartu keluarga, keterangan domisili), legalitas usaha    (akte pendirian usaha), ijin usaha (SIUP),   ( TDP), laporan keuangan, proposal usaha, dan persyaratan tambahan lain yang mungkin diminta oleh bank.
3   Setelah siap dengan usaha produktif dan dokumen-dokumen, Anda harus mendatangi kantor Bank yang menyalurkan KUR tersebut. Beberapa Bank yang ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan KUR ini antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, Bank Bukopin, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Dikantor Bank tersebut jangan lupa untuk meminta informasi mengenai kejelasan cara mendapatkan penyaluran Kredit itu.

4.  Jika sudah mendapat kejelasan maka ikuti prosedur untuk mendapatkan KUR tersebut. Serahkan surat permohonan kredit usaha rakyat serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan KUR tersebut pada pihak Bank.
5.  Terakhir, Bank akan melakukan survei terhadap usaha Anda. Lalu Bank akan menilai apakah pengajuan KUR Anda layak atau tidak. Jika usaha Anda dinilai memenuhi syarat, maka pengajuan kredit Usaha ini akan disetujui dan segera cair.
Supaya pengajuan kredit usaha rakyat ini bisa berjalan mulus, Anda bisa menjalankan beberapa tips- berikut ini.
6.  Pastikan Anda tidak sedang memperoleh pembiayaan KUR dari Bank lain.
7. Pastikan usaha Anda sudah beroperasi atau berjalan minimal enam bulan. Jadi dalam hal ini bukan usaha yang masih dalam tahap rencana. Mengapa demikian? Karena dengan eksistensi usaha Anda, maka itu akan memperkuat nilai saat Anda disurvei oleh Bank.
8.  Pastikan usaha Anda sehat. Sehat di sini artinya adalah usaha yang Anda lakukan meraih untung dan tidak merugi. Dalam laporan keuangan yang Anda buat tersebut, sehat tidaknya usaha Anda tersebut tercermin.
9. Siapkan agunan. Anda harus siap-siap dengan agunan. Siapa tahu bank meminta jaminan atau agunan kredit.

    Itulah hal hal yang harus anda lakukan apabila mau menambah permodalan untuk usaha yang sedang anda lakukan. KUR sangat efektif karena bunga sangat murah, proses yang mudah dalam pengurusannya dan merupakan fasilitas dari pemerintah untuk bisa membantu perekonomian rakyat. Semoga bermanfaat … !!!

Info lebih lanjut Hubungi ( 0821 4525 1950 / Area Kupang – NTT )



Gambar di ambil dari berbagai sumber


Artikel dari berbagai sumber
 By Edward Wijaya





No comments:

Post a Comment