Thursday, July 18, 2019

Apa Saja Yang Telah Dilakukan Marsel BW Henukh Bhabinkamtibmas Di Pulau Rote Sehingga Mendapatkan Penghargaan Kapolri

Bertepatan dengan HUT ke 73 Bhayangkara tahun 2019, Kapolri Bapak Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan penghargaan bagi anggota Polri termasuk anggota TNI dan kepala desa di pulau terluar untuk lima provinsi. Salah satunya adalah sahabat saya Marsel BW Henukh yang mendapatkan penghargaan dari pimpinan tertinggi Polri ini. Seorang petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas)  yang kerap disapa Marsel bertugas di pulau terluar Indonesia yakni di Pulau Rote Provinsi NTT tepatnya di Desa Oeseli Polsek Rote Barat Daya Polres Rote Ndao Polda Nusa Tenggara Timur yang telah menjalin sinergitas dengan masyarakat dengan baik dan selalu mengedepankan komunikasi yang baik. Berikut adalah beberapa aktifitas yang patut dicontoh oleh siapa saja sebagai pemangku jabatan pelayan publik di Republik Indonesia :

Membangun rumah warga binaan dari hasil keringat gaji dan remun
Mengunjungi Warga Terutama Yang Memiliki Rumah Tidak Layak Huni
Marsel sangat aktif dalam aktifitas pekerjaan dan tanggung jawab besar yang dibebankan dipundaknya. Melihat rumah-rumah warga yang tidak layak huni, Marsel senantiasa memberikan support dan turut serta menyingsingkan lengan bajunya untuk membantu memperbaiki, membangun dan bahkan sering mengeluarkan biaya dari hasil keringatnya dan remun tanpa pamrih melainkan atas dasar kasih sayang. Kegiatan ini sembari disertai sosialisasi untuk selalu menjadi warga negara yang baik. Sebuah aktifitas yang mulia sehingga warga senang terhadap keberadaan Marsel sebagai petugas Kepolisian di wilayah kerjanya yang berbatasan dengan Australia dan Pulau Solomon. 

"Setiap Ketulusan Yang Kita Berikan Kepada Sesama, akan melahirkan ketulusan yang abadi yang menjadi bagian kita di masa depan", Marsel BW Henukh

Membuat kebun bawang, sebuah kebun contoh untuk warga binaan
Marsel adalah seorang Polisi yang ternyata mampu membuat kebun contoh dan mampu mendorong masyarakat binaan-nya untuk mengikuti langkahnya dalam memanfaatkan lahan sehingga mampu menghasilkan hasil bumi yang bermanfaat. Marsel juga membantu mencarikan jalur-jalur penjualan yang tepat untuk penjualan hasil kebun warga sehingga masyarakat memperoleh manfaat terhadap usaha-usaha pemanfaatan lahan yang ada.

Turut Serta Dalam membuka lahan pertanian untuk warga binaan.
Bersama warga desa binaan sesaat setelah pembukaan lahan pertanian
Selalu ada disetiap program pembangunan desa
Membantu warga dalam pekerjaan pembangunan jalan desa binaan
Monitoring pekerjaan di desa
Turut Serta Dalam membuka lahan pertanian untuk warga binaan.
Menyediakan Waktu Untuk Sosialisasi Kepada Masyarakat
Dalam setiap aktifitas pembangunan desa, Marsel selalu ada menjadi motivator, sahabat dan sekaligus penjaga dan Marsel juga turut serta mengeluarkan keringatnya untuk membantu bekerja agar segala pembangunan terlaksana dengan baik. Marsel telah berhasil berbaur menjadi seorang sahabat sekaligus seorang panutan bagi warga desa binaannya. Sering Marsel juga berusaha membantu mencarikan dana-dana bantuan untuk kemudahan desa binaannya. Keterbatasan ilmu pengetahuan menuntut Marsel untuk tumbuh menjadi seorang sosok yang menginspirasi.

Minum Tuak Bersama Para Petani Lontar
Bersama Para Petani Nira

Di musim panas yang datang bersamaan musim paceklik, warga memanfaatkan pohon nira, dan hasil sadapan lontar untuk diminum. Minum nira membuat orang bertahan terhadap lapar. Rasanya manis dan baunya harum. Satu pohon lontar dapat menghasilkan sekitar enam liter nira tiap hari. Daging buah lontar setengah tua diberikan sebagai makanan ternak. Hasil sadapan juga menghasilkan minuman beralkohol sehingga sembari ikut minum tuak namun sembari melakukan sosialisasi agar budaya minum tidak menyebabkan perselisihan. Inilah yang disebut dengan membangun kearifan lokal agar budaya minum minuman keras tidak menuju ke arah perkelahian antar warga. Namun hasilnya menunjukan banyak petani Nira yang berhasil mengolah sadapan Nira menjadi gula merah dan ternak selalu mendapatkan pakan yang baik dari pohon nira ini.
 
Selalu menyambangi warga untuk menambah keakraban
Selalu menyambangi warga untuk menambah keakraban
Menyambangi Warga Di Malam Hari
Selalu menyambangi warga untuk menambah keakraban
Quote By Marsel
Ikut Menari Di setiap Acara Pesta Untuk Menjaga Budaya
Selalu menyambangi warga untuk menambah keakraban
Membantu Mengantar Warga Usia Lanjut

Selalu menyambangi warga untuk menambah keakraban
Selalu menyambangi warga untuk menambah keakraban
Selalu menyambangi warga untuk menambah keakraban
Memastikan semua bantuan yang datang tersalurkan
Berdoa bersama untuk setiap warga binaan yang sedang menghadapi sakit

Hadir disetiap acara keluarga
Polisi desa cinta budaya
Polisi Desa Sahabat Anak-anak
Polisi Desa Sahabat Anak-anak
Berbagai upaya dilakukan oleh pihak kepolisian untuk menghilangkan image Polisi yang menyeramkan, karena kebiasan para orang tua menakut-nakuti anaknya dengan adanya polisi berseragam, yang mana terbesit dalam benak anak-anak bahwa polisi itu tugasnya hanya menangkap. Seperti yang dilakukan oleh Marsel dalam rutinitasnya yakni melakukan pendampingan terhadap guru dan murid di sekolah, dan juga bermain bersama saat hari libur. Marsel juga rutin mengunjungi Puskesmas, warga-warga desa binaannya sehingga menambah keakraban dan lebih mudah dalam pemecahan permasalahan yang terjadi.Namun hingga detik ini hampir tidak terjadi konflik antar warga dan semua malahan dapat hidup baik dan berdampingan dengan rukun. 

Polisi desa cinta budaya
Bersama para siswa SD saat kunjungan guru murid di sekolah
Bersama anak-anak di waktu setelah jam pelajaran
Hadir disetiap acara keluarga
Hadir disetiap acara keluarga
Marsel rutin melakukan kegiatan - kegiatan sumbangan kepada kaum Janda dan bahkan dilakukannya dengan inisiatif sendiri serta berusaha melakukan pencarian sumbangan dari pihak luar desa binaan serta mengawasi dengan baik apabila ada sumbangan-sumbangan yang ditujukan kepada warga desa binaannya serta memastikan dengan baik para penerima sumbangan. Marsel melakukan pengawasan dengan dua sisi pendekatan, yakni pengawasan bersifat vertikal dan bersifat horizontal. Pengawasan vertikal maksudnya pengawasan langsung dari para pihak berwenang di desa binaan mulai dari perangkat desa hingga bersama Jajaran TNI Polri.

Pendistribusian Sumbangan berupa bingkisan kepada warga binaan
Kegiatan bersama TNI
Kegiatan bersama TNI
Pengawasan Persama Jajaran TNI-Polri dan Perangkat Desa
Kegiatan bersama TNI
Kegiatan bersama TNI
Kegiatan bersama TNI
Pulau Rote menyimpan banyak destinasi wisata. Kebersihan adalah hal penting yang musti dijaga bersama. Marsel melakukan kegiatan bersih-bersih pantai sehingga melatih seluruh warga untuk selalu hidup bersih dan tertib. 

"Hidup Sehat Dimulai dari Menjaga Kebersihan Diri. Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang sangat penting terutama untuk menjaga diri kita tetap sehat, dan mengurangi risiko diri kita maupun orang terdekat terserang penyakit. ... Menggunakan sabun mandi akan efektif membantu kita terhindar dari kuman penyebab penyakit".

Pulau Rote Adalah Destinasi Wisata Dunia
Kegiatan bersama bersih-bersih pantai
Kegiatan bersama bersih-bersih pantai
Kegiatan bersama bersih-bersih pantai
Hidup dalam keberagaman tanpa membedakan suku, ras dan agama.  Persatuan dan Kesatuan NKRI harus tetap dijaga dan dipertahankan. Inilah aktifitas yang juga merupakan agenda penting Marsel. Sebab jika tidak terkelola akan menjadi malapetaka dan kehancuran serta perpecahan dimana-mana. Karena itu, mengelola sebuah negara besar seperti Indonesia tidaklah mudah. Sedikit salah kelola saja bisa berimplikasi pada ancaman disintergrasi. Dengan cara memperkuat idealisme, nasionalisme, dan kecintaan warga terhadap negara ini adalah merupakan bentuk tanggung jawab bersama untuk melawan segenap ancaman terhadap eksistensi NKRI yang kita cintai ini.

Merangkul para tokoh agama dan tokoh perempuan
Merangkul para tokoh agama dan tokoh perempuan
Merangkul para tokoh agama dan tokoh perempuan
Merangkul para tokoh agama dan tokoh perempuan
Bersama membangun pemuda dalam dunia olah raga
Menjadi inspirasi bagi orang lain tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh waktu, pikiran dan tenaga untuk mencapai semuanya seperti yang dilakukan oleh Marsel yang bercita-cita mengisi ruang para pemuda untuk mencintai dunia olah raga. Marsel selalu mengucap syukur atas karunia Tuhan Jesus terhadap damai dan indahnya desa dimana dia bertugas.

Brigpol Marsel BW Henukh mengaku terharu dengan penghargaan ini. “Saya tidak menyangka mendapat penghargaan ini. Setiap hari saya memang turun bersama Babinsa dan kepala desa secara rutin. Kami juga selalu menyelesaikan persoalan di masyarakat secara bersama-sama dan memfasilitasi masyarakat jika ada kejadian dan konflik,” ujarnya.
Aktif Di Gereja
Aktif Di Gereja
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) selalu siap siaga didalam menindaklanjuti lima instruksi Presiden Joko Widodo yang disampaikan saat menjadi Inspektur Upacara Parade Peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu, (10/4/2019) yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045, mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan, meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan, dan memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri. Teruslah berkarya Brother Brigpol Marsel BW Henukh, kita semua di Nusa Tenggara Timur bangga atas kinerja yang telah anda tunjukan kepada masyarakat .





Article by Ketut Rudi
Dedicated to brother  Brigpol Marsel BW Henukh

(Dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment