Monday, March 18, 2019

“PEMINANGAN” Di Pulau Timor Nusa Tenggara Timur Indonesia

(sebuah catatan sederhana tentang rasa dan asa dari seorang saudara saat saudarinya dipinang).

Peminangan adalah sebuah tradisi menjelang pernikahan yang selalu menghadirkan pertarungan hati antara rasa sedih dan sukacita walaupun pastinya akan berakhir pada muara yang sama yakni sebuah Harapan dan Kebahagiaan di masa depan kedua mempelai.

Dalam sebuah acara peminangan di Soe Kab. TTS NTT

Ya, dalam sebuah prosesi peminangan atau “maso minta” (istilah yang dipakai oleh kami di bumi Timor) selalu ada kesedihan dan kebahagiaan yang muncul bersamaan. Bagi saudara sang gadis yang dipinang, kesedihan akan muncul oleh karena saudari perempuan mereka akan pergi bersama suaminya menyisakan beragam cerita masa kecil. Bermain, bercanda, kadang bertengkar karena hal sepele bahkan terkesan konyol, dan banyak kejadian unik, lucu dan haru lainnya yang penuh kenangan. Ruang canda dan tawa sesama saudara sekandung akan dibatasi etika dan kesadaran hati bahwa saudari perempuan yang sangat mereka kasihi telah menjadi milik pria pujaan hatinya dan bakal lebih banyak menghabiskan hari-hari hidup bersama keluarga barunya.

Dalam sebuah acara peminangan di Soe Kab. TTS NTT
Rasa bahagiapun turut berbaur dalam suasana ini. Bahagia karena saudari terkasih mereka telah menjadi dewasa dan menetapkan pasangan yang dinilai sepadan dan pantas untuk menjadi pendampingnya dalam mengisi hari-hari selanjutnya dalam hidupnya baik dalam tawa maupun tangis, serta menjadi tempat berbagi setiap kisah, bersama hingga ujung waktu.

Dalam sebuah acara peminangan di Soe Kab. TTS NTT
Dibalik kedua rasa yang berbaur saat acara peminangan, dalam pelukan yang tulus ke semua keluarga, ada harapan besar yang termuat dalam alunan Doa dan sebuah harapan bagi kebahagiaan Rumah Tangga saudari perempuannya. "Selamat menempuh hidup berumah tangga saudariku, semoga bahagia selalu melingkupi kehidupanmu". Kisah dan kasih sayang sebagai saudara tak akan lekang oleh waktu. Kau tetap saudariku dan aku tetap saudaramu. Selamanya. Catatan ini hadir dan saya goreskan dalam tulisan sederhana dan saya telah merasakan hal ini serta bersyukur diijinkan TUHAN untuk mengalaminya. Jika kamu memiliki seorang saudari maka suatu saat pasti akan mengalaminya dan bahkan ada yang memiliki rasa yang sama dengan diriku atau sebaliknya. Entahlah.


#bastel.digitalart SoE
Elgyzel Glen Ndjukambani



The movie

2 comments:

  1. Trims ........semoga usaha melalui tulisan ini bisa menjaga adat dan budaya NTT

    ReplyDelete