Tuesday, February 5, 2019

Kesederhanaan Dan Kebersamaan Di Tahun Babi Tanah 2019 / 2570

Kiong Hi Hwat Cai 2019 / 2570 (Selamat Tahun Baru Imlek) Keluarga Ariston Kupang Optima



Berdasarkan Astrologi China kuno yang ditetapkan oleh Dinasti Han pada kalender lunar China, pada Tahun Baru Imlek 2019 yang dikenal sebagai Tahun Babi dengan unsur Tanah (Bumi) menjanjikan keberuntungan dan berkat bagi semua tanda zodiak Cina. Budaya China mengenal slogan "Ai Pia Cia Eya" ( dalam dialek hokkian ) yang artinya berani bekerja keras baru bisa mendatangkan kemenangan. 


Orang Indonesia keturunan Tionghoa turut merayakan acara Tahun Baru Chinese (Chinese Lunar Year) setiap tahunnya  termasuk di Nusa Tenggara Timur. Tahun Baru Imlek 2019 dimulai pada hari Selasa, 5 Februari dan berakhir pada hari Jumat, 24 Januari 2020. Ini merupakan Tahun Babi Tanah yang datang tepat setelah Tahun Anjing Tanah (2018) dan sebelum Tahun Tikus Logam (2020). Orang-orang bershio Babi kemungkinan lahir pada tahun 1935, 1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, 2019, dan 2031.





Tahun baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi orang Tionghoa. Banyak rangkaian perayaan yang dilakukan orang Tionghoa dalam menyambut tahun baru Imlek. Kebiasaan dan tradisi yang unik banyak dilakukan dalam perayaan itu dan tentu saja ada beberapa alasan dilakukannya tradisi tersebut. Salah satu kebiasaan ini adalah membagikan angpao yakni sebuah tanda kebahagiaan yang dibagikan kepada anak-anak, keluarga atau orang-orang yang disayangi.





Makna Imlek sangat beragam, namun intinya adalah berkumpul dengan keluarga dan sahabat untuk saling memberikan kebahagiaan dan suport dalam menyongsong tahun yang baru juga sembari mengucap syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan tahun lalu. Banyak sekali hal hal menarik di acara Imlek. Misalnya harus banyak ornamen yang menggunakan warna merah yang bermakna keberuntungan dan kebahagiian, warna kuning yang melambangkan kemakmuran. maka dari itu acara Imlek selalu dipenuhi dengan warna warna cerah dan berkesan mencolok penuh kebahagiaan. Tata cara yang lain seperti harus membersihkan rumah, potong rambut, membayar hutang hutang sebelum Imlek dimaknai untuk membuang sial supaya rejeki atau hokky bisa bagus di tahun depan. Dari segi makanan yang dihidangkan untuk acara juga harus bernuansa manis, berwarna cerah, enak dan terkesan mewah, hal ini melambangkan kehidupan awal tahun baru yang akan selalu membuat kita sukses dan banyak rejeki. Berkeliling ketempat saudara dan handaitaulan juga sangat penting untuk semakin memper-erat tali silaturahmi antar kita, hal ini sangat sangat bermakna untuk memberikan motivasi ke semua rumpun keluarga dan sahabat agar semakin sukses dalam segala bentuk usaha kedepannya.




Yang paling menarik adalah kebersamaan dalam mengucapkan selamat disertai membagikan angpao yang berisi uang agar kita bisa membagi kebahagiaan kita dengan orang orang yang kita kenal dan kita cintai. Membagikan kebahagiaan dalam bentuk angpao akan bermakna baik supaya rejeki akan semakin banyak dan melimpah ditahun baru ini.



Memang menarik bila kita membicarakan tentang Imlek, banyak hal yang harus kita ketahui dan kita pelajari tentangnya. Namun dibalik semua itu ada satu kesamaan yang sangat mendasar yang akan kita temukan apabila kita gali apa itu Imlek. Yang pasti Imlek adalah sarana untuk membekali diri kita dengan kebahagiaan, suport dan kebersamaan supaya kita bisa semakin maju dan semakin bekerja keras untuk mewujudkan cita cita dan tujuan hidup kita.




Tuhan pasti akan memberkati dan menyertai umat-Nya yang telah bekerja keras untuk mewujudkan cita cita hidupnya. Maka dari itu jangan sia siakan kesempatan yang telah Tuhan berikan kepada kita, kita harus berjuang demi masa depan kita. Tahun babi tanah ini diramalkan bahwa sangat cocok untuk menghasilkan  keberhasilan disemua bidang dan semua unsur yang ada, maka itu kita harus berjuang untuk merealisasikan keberhasilan kita sendiri. Semoga Tuhan memberkati dan menyertai kita semua ... Amien

Kiong Hi Hwat Cai  ..... Angpao Toa Toa Lai .....😀😀😀😀😀





Article and photos by Ketut Rudi and Edward Wijaya
(Also from many sources)
Many Thanks for Molina Olivia for Delicious Food tonight 




Lagu selamat tahun baru cina

No comments:

Post a Comment